Social Network Business - SNB

Social Network Business - mungkin yang pertama kali terlintas dipikiran kita adalah berbagai situs untuk social network (jejaring sosial, ie: facebook, twitter, dll). Namun yang terlintas dipikiran saya mengenai SNB ini adalah bagaimana kita bisa meningkatkan bisnis kita dengan memanfaatkan situs situs jejaring sosial semacam itu.

Faktanya semakin banyak orang yang berbisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial ini. Hal ini bisa kita lihat pada salah satu situs jejaring sosial yang sangat populer belakangan ini yaitu facebook.
Selain itu perkembangan social network juga mempengaruhi aktivitas suatu perusahaan. Berdasarkan Brahmastagi beberapa kemungkinan obyektif dari perusahaan saat menggunakan social network untuk aktivitas marketingnya adalah :
  1. Informasi dari customer, dalam situs social network sering dibahas berbagai macam produk dan layanan yang diberikan perusahaan, sehingga perusahaan dapat mendapatkan informasi insight dari customernya.
  2. Image perusahaan, pendekatan dengan menggunakan metode ini dapat memberikan image positif pada perusahaan.
  3. Community, membangun komunitas produk dan komunitas pelanggan dengan metode yang tidak memaksa, bahkan bisa dikatakan menyenangkan.
  4. Service and Support, dengan semakin berkembangnya komunitas maka perusahaan dapat menerima saran dari customer untuk meningkatkan mutu produknya dan juga perusahaan dapat memberikan tips dan solusi kepada customer dalam penggunaan produknya.
  5. Biaya, bila dilakukan dengan benar bisa mengurangi biaya perusahaan seperti biaya support, biaya marketing dst.

Meskipun begitu, jika sebuah perusahaan melakukan bisnis melalui sosial network ini maka perusahaan akan menghadapi beberapa kendala yang cukup crucial, antara lain yang perlu diperhatikan adalah masalah:
  1. Keamanan, sudah jelas jika sebuah perusahaan menggunakan social network maka secara langsung perusahaan berhubungan dengan internet. Tentu saja hal ini menjadi rentan akan keamanan data yang dimiliki perusahaan.
  2. Kekayaan Intelektual, hal ini juga menjadi hal yang tak bisa dielakkan. Apabila terjadi kebocoran informasi yang penting, maka masyarakat akan dengan cepat mengetahuinya dan ada kemungkinan membuat image perusahaan menjadi buruk sehingga mengurangi customer dan mungkin dapat menyebabkan kemunduran yang cukup besar dalam perusahaan.


Sumber :
http://www.scribd.com/doc/29234091/Pengaruh-Perkembangan-Social-Network-Service-Terhadap-Suatu-Perusahaan

Comments :

0 comments to “Social Network Business - SNB”