CIM (Corporate Information Management)


CIM - Corporate Information Management atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai Manajemen Informasi Perusahaan. Berdasarkan arti tersebut maka bisa diartikan bahwa CIM ini adalah bagaimana sebuah perusahaan mengatur informasi yang terdapat didalam perusahaan itu. Jadi jika dilihat CIM ini berkaitan dengan Sistem Informasi Perusahaan atau yang juga dikenal dengan EIS (Enterprise Information System). Dalam pengertiannya EIS merupakan platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi dari berbagai bagian menjadi satu informasi secara logical, sehingga perusahaan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.
Tujuan dari EIS ini antara lain :
  • mengumpulkan dan menyebarkan seluruh datake seluruh proses yang terdapat dalam organisasi
  • EIS menyediakan data yang digunakan manajer untuk membuat keputusan dalam merencanakan dan mengendalikan bisnis.

Namun meskipun ada kedekatan arti antara EIS dan CIM, kedua hal ini tidaklah sama. CIM merupakan sebuah proses dari :
  • Membuat sense/akal yang strategis
  • Perencanaan pasokan untuk kebutuhan informasi yang akan datang
  • Meningkatkan nilai utilitas dari sumberdaya yang tersedia
  • Mengeliminasi informasi yang redundan
  • Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang
  • Meningkatkan laba investasi dalam teknologi informasi
Untuk lebih jelasnya mengenai 6 dimensi proses diatas dapat dilihat pada gambar ini,



Sumber :
http://it.toolbox.com/blogs/enterprise-design/the-six-dimensions-of-corporate-information-management-14790
http://www.scribd.com/doc/23652804/Sistem-Informasi-Perusahaan

Comments :

0 comments to “CIM (Corporate Information Management)”