Perancangan Agen Cerdas Keamanan Daerah (Hansip)

Kemanan di daerah/lingkungan kita merupakan sesuatu yang kita butuhkan, karena hal itu dapat memberikan rasa aman bagi kita. Salah satu cara untuk mewujudkan keamanan tersebut adalah dengan memperkerjakan seseorang untuk menjaga keamanan, terutama pada malam hari dengan cara berkeliling di daerah perumahan kita. Orang yang menjaga keamanan ini kita kenal dengan sebutan hansip. Dengan adanya hansip yang berkeliling setiap malam tentu saja keamanan akan meningkat karena hansip ini akan mengecek keadaan dan jika ada sesuatu yang mecurigakan maka akan langsung bertindak. Namun permasalahannya adalah bagaimana jika hansip ini sakit dan tidak dapat bertugas dan juga selain itu jika suatu saat muncul penjahat dan penjahat tersebut menggunakan senjata tentu saja keamanan si hansip itu sendiri bisa berbahaya. Oleh karena itu dibutuhkanlah suatu agen cerdas yang dapat menggantikan tugas hansip itu. Diharapkan dengan adanya agent ini tingkat keamanan akan meningkat dan kemungkinan bahaya yang mungkin terjadi pada seorang hansip dapat hindarkan.

Agent Type : Hansip (Pengaman Daerah).
Percept : Kamera, Speaker, Image Recognition, accelerometer, sensor panas, database penduduk dan daerah, taser, dan sebuah alat konfirmasi.
Actions : Mengenali wajah tiap penduduk, mendeteksi panas yang berlebihan, melumpuhkan penjahat, berpatroli di lingkungan, mengeluarkan suara peringatan.
Goals : Keamanan meningkat, resiko bahaya berkurang.
Environment : Lingkungan/daerah sekitar, malam hari.


Penjelasan

Agent ini diaktifkan di lingkungan/daerah kita, lalu agent ini melakukan patroli dengan berkeliling lingkungan berdasarkan database daerah. Agen ini dapat mengenali wajah tiap penduduk, dan jika terdapat pengunjung atau penduduk baru yang wajahnya tidak dikenali maka penduduk asli, pihak keamanan ataupun ketua daerah setempat dapat melakukan konfirmasi sebagai penjamin, dan jika tidak dapat melakukan konfirmasi maka akan langsung dilumpuhkan. Selain dapat melakukan pengamanan dari orang orang yang mencurigakan dan melakukan kejahatan, agen ini dapat melakukan pengamanan dini jika terjadi bencana kebakaran yang marak belakangan ini. Agen ini dapat melakukan sensor panas, jika pada sensor panas menunjukkan aktivitas panas yang berlebihan diluar batas normal, maka agen ini dapat mengeluarkan peringatan dengan mengeluarkan suara sirine peringatan kebakaran melalui speakernya. Jika keadaan normal dan terkendali, agen ini akan berpatroli terus menerus hingga pagi hari.


Tolak Ukur Keberhasilan :
  • Keamanan dari gangguan pihak luar dapat diminimalisir
  • Dampak bencana yang terjadi dapat diminimalisir
  • Resiko yang mungkin diterima hansip dapat dihindarkan
Lingkungan Beroperasi :
  • Jalan sekitar daerah/lingkungan
  • Pada saat malam hari

Comments :

0 comments to “Perancangan Agen Cerdas Keamanan Daerah (Hansip)”